This slideshow requires JavaScript.

Masih cerita dibalik keseruan event Oppo Big Bekasi. Awalnya saya agak sangsi dengan kesaktian Oppo F1s untuk selfie. Apa bedanya dengan smartphone berkamera lainnya? Selfie kan hasilnya ya segitu-gitu aja, tidak ada sesuatu yang spesial.

Namun setelah ditangan dan dikutak katik kameranya, tagline Selfie Expert yang sengaja dijadikan tagline benar-benar dipertanggung jawabkan.

Memiliki resolusi 13 Mp untuk kamera belakang dan 16 Mp untuk kamera depan menjadikan Oppo F1s berbeda. Kemampuan kameranya dalam menangkap cahaya yang masuk patut diacungi jempol. Kameranya sangat sensitif menangkap cahaya.

Untuk kamera sekelasnya, bisa jadi resolusi 16 Mp adalah yang tertinggi. Ini belum lagi ditambah lensa aperture F2.0 dan 1/3.1inch yang bisa memastikan hasil selfienya lebih cihuy meski dalam suasana dan kondisi cahaya yang minim sekalipun.

Jika menggunakan kamera hp biasa seringkali hasilnya tidak tajam, sisi gelap sebuah obyek kerap terlihat. Ini terjadi lantaran cahaya yang masuk tidak rata. Sedangkan jika menggunakan F1s bisa diredusir dengan beberapa opsi.

Seperti fitur Beautify 4.0 yang jika digunakan memberi efek menghaluskan pada kulit wajah. Cahayanya rata untuk semua bagian wajah kita. Fitur ini memanfaatkan fokus face detection sehingga hasil foto wajah akan terlihat lebih cerah dan lebih terang. Tapi, hati-hati dengan fitur ini karena banyak yang merasa tertipu dengan hasil selfienya. Lebih indah dari aslinya. hehe…

Fitur Burst juga menjadi keunggulan Oppo F1s. Fitur ini memungkinkan penggunanya mengambil adegan yang bergerak secara cepat. Misalnya adegan olahraga yang membutuhkan banyak frame untuk mendapatkan gambar terbaik. Selama ini smartphone agak sulit mengimbangi kamera SLR lantaran tidak bisa digunakan mengambil momen yang terjadi begitu cepat. Jika momen diambil berkali-kali hasilnya tidak maksimal, ada momen yang terlewat. Nah, dengan burst hal ini bisa disiasati.

Saat user experience, saya dan Satto mencoba memanfaatkan fitur ini untuk memotret mainan (toys foto). Karena salah satu mainan tak bisa dibuat berdiri muncul ide iseng kami dengan menjatuhkan mainan dari ketinggian tertentu agar kami bisa mendapatkan adegan seolah berdiri. Hasilnya? Lumayanlah…

img20160915115140_3
“Ciaaat…” foto ini dibuat dengan memanfaatkan fitur Burst (foto dokpri)

Menurut saya fitur burst ini adalah kelebihan yang paling cakep dari F1s. Dan ini pastinya membuat para smartphone fotografer menjadi makin cinta dengan F1s.