Pendidikan adalah kunci menuju kemajuan. Bangsa yang peduli pada pendidikan anak negeri akan memperoleh manfaat di kemudian hari. Penguasaan pada teknologi atau meningkatnya kesejahteraan ekonomi adalah sebagian dampak pedulinya kita pada pendidikan bangsa.

Memang bukan persoalan mudah memberikan pendidikan yang merata bagi warga di seluruh penjuru tanah air. Namun bukan pula hal yang sulit menjadikan pendidikan sebagai sektor yang menguntungkan bagi masa depan Indonesia. Menjadikan Indonesia Hebat bisa dilakukan melalui pendidikan.

Yang pertama harus dilakukan adalah menginventarisir persoalan terlebih dulu. Pendidikan macam apa yang menjadi kebutuhan, baik dalam jangka pendek maupun jangka menengah dan jangka panjang.

Dalam jangka pendek, berikan kesempatan seluas-luasnya kepada anak-anak untuk menempuh pendidikan. Apa yang dilakukan pemerintah sekarang yang menetapkan wajib belajar hingga sekolah menengah mesti ditingkatkan. Jika selama ini pendidikan hanya bisa dinikmati mereka yang punya akses luas di perkotaan, nantinya mereka yang tinggal di desa, daerah pedalaman dan daerah perbatasan mesti diberikan kesempatan lebih luas.

Mengapa anak-anak ? Karena anak-anak sesungguhnya adalah kalangan yang paling berhak mendapatkan pendidikan. Di tangan mereka lah masa depan Indonesia akan ditentukan. Memberikan biaya pendidikan gratis adalah salah satu caranya.  Akses pada dunia pendidikan mesti dibuka seluas mungkin bagi anak-anak, siapapun mereka. Terutama anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Meski gratis, pendidikan tetap diurus dengan sungguh-sungguh. Negara harus memberi dukungan penuh pada penyediaan dana, sarana dan prasarana pendidikan. Bukan hanya gedung secara fisik, tetapi juga pengembangan kurikulum, penyediaan peralatan sekolah, hingga buku.

Akses beasiswa juga harus dibuka seluas-luasnya. Beri kesempatan anak-anak bangsa mendapatkan kesempatan beasiswa ke berbagai sekolah maupun perguruan tinggi berkualitas di dalam maupun luar negeri.

Kerjasama dengan berbagai lembaga pemberi beasiswa juga mesti dibuka. Bahkan kalau perlu semua perusahaan yang beroperasi di Indonesia diwajibkan memberi beasiswa pada putra-putri terbaik bangsa.

Baru-baru ini Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pengembangan (OECD) merilis proyeksi mereka mengenai pendidikan di dunia. Indonesia diproyeksikan bakal menjadi negara dengan jumlah sarjana muda terbanyak kelima paling lambat pada tahun 2020. Ini artinya jumlah sarjana Indonesia akan mengalahkan jumlah sarjana dari negara-negara Eropa. JIka tahun 2012, Indonesia menyumbang empat persen sarjana berusia 25-34 dari 129 juta mahasiswa di seluruh negara anggota G-20.  Maka tahun 2020 Indonesia diproyeksi bakal memberi kontribusi sebesar 6 persen.

Jumlah sarjana yang besar saja memang bukan jaminan untuk menjadikan Indonesia Hebat. Mutu lulusan juga diharapkan meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dukungan pemerintah dan dunia swasta perlu terus dilakukan, misalnya untuk pengembangan ilmu dan teknologi yang bisa diterapkan dalam industri. Riset perguruan tinggi bakal jadi kunci menuju terciptanya Indonesia Hebat.

Perguruan tinggi akan dipacu dan memacu diri menjadi lembaga terdepan dalam hal riset. Dan hasil riset bisa digunakan kalangan industri sebagai bahan pengembangan industri mereka. Konektivitas antara industri dan perguruan tinggi nantinya diharapkan bisa memecahkan persoalan pengangguran lulusan perguruan tinggi.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) ada 610 ribu orang pengangguran intelek yang berasal dari lulusan perguruan tinggi dari total 7,17 juta pengangguran terbuka di tanah air. Jumlah ini adalah masalah bersama yang perlu dipecahkan. Dengan meningkatkan sinergi antara dunia pendidikan dengan industri diharapkan angka pengangguran ini dapat dikurangi.

Saya optimis dengan kemajuan negeri ini. Melalui pendidikan kita masih bisa menggapai banyak mimpi memajukan negeri. Karena pendidikan adalah investasi jangka panjang yang bisa menjadi ukuran kemajuan sebuah bangsa. Dengan menggerakkan langkah bersama melalui pendidikan mari kita jadikan Indonesia Hebat.