Kamis 3 April 2014 dinihari pengguna layanan operator telko Indosat gusar berjamaah. Mau nelpon, kirim sms, pakai inet gak bisa. Waini ada apakah gerangan? Timeline socmed pun penuh dengan pertanyaan seputar gangguan layanan ini.Saya sendiri sebagai pengguna Indosat tak sempat mengalami gangguan layanan. Sebab gangguan tersebut berlangsung dinihari saat HP saya nonaktif.

Dan benar, menurut keterangan pihak Indosat tak sampai 3 jam gangguan layanan itu berhasil diatasi. Maka jutaan pelanggan Indosat pun lega berjamaah. Menurut Indosat, gangguan layanan telepon dan jaringan internet terjadi sekitar pukul 01.25 WIB. Gangguan ini mempengaruhi lalu lintas layanan percakapan dan layanan data bagi pelanggan personal maupun korporasi.

Bahasa mudahnya, gangguan tersebut disebabkan oleh error pada IP Router Table (BGP router) ke jaringan internet sehingga menyebabkan benturan IP Address.Saya sendiri sebagai pelanggan tak mengetahui secara persis apa itu yang dimaksud dengan benturan IP Address. Terlalu teknis dan tidak penting bagi saya pribadi. Yang penting adalah teknisi Indosat kemudian kemudian melakukan perbaikan dengan cepat, sehingga pada pukul 03.45 dini hari jaringan kembali normal.

Masyarakat Telekomunikasi (Mastel) mengapresiasi langkah cepat penanganan gangguan ini. Mastel juga membantah kabar miring yang menyatakan gangguan layanan tersebut terjadi lantaran Indosat telah “membajak” alamat Internet Protocol (IP) prefix perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat. Menurut Eddy Thoyib, Executive Director Mastel, tudingan firma internet BGPMon bahwa Indosat sudah membajak 415.652 prefix internet sebagai pernyataan menyesatkan masyarakat.

Apresiasi juga diberikan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) terhadap cara Indosat memperbaiki kerusakan jaringan. Menurut Ketua Bidang Sekuriti Jaringan APJI Irvan Nasrun, kejadian yang dialami Indosat merupakan human error dan bukan hal yang disengaja. Ini juga tidak ada hubungannya dengan ulah teroris atau pihak asing. Artinya, kemungkinan kesalahan routing bisa saja terjadi, dan itu bisa dialami oleh semua operator telekomunikasi.

Selain melakukan perbaikan kerusakan, pihak Indosat kemudian bergerak cepat menenangkan suasana yang sempat ‘panas’ karena tudingan tak sedap dari firma internet BGPMon tadi. Indosat menjamin jaringan mereka sudah normal kembali. Bahkan mereka juga menyediakan sejumlah nomer customer care untuk menampung pertanyaan pelanggan. Pelanggan Matrix bisa menghubungi 111. Sementara pelanggan IM3 dan Mentari di nomer 100.

Tidak cukup sampai di situ. Keluhan pelanggan juga bisa disampaikan melalui twitter dengan mention @indosatcare. Bagi yang ingin menggunakan email bisa menghubungi  customer_service@indosat.com.

Sedangkan bagi pelanggan korporat bisa menghubungi  corporatesolution@indosat.com dan mobile.corporate@indosat.com.

Oya, sebagai apresiasi terhadap loyalitas pelanggan yang tetap menggunakan layanan Indosat, Indosat akan membagikan pulsa gratis. Ketentuannya, Bonus pulsa 50% akan diberikan bagi pelanggan yang melakukan isi ulang pulsa pertama kali pada periode 7-9 April. Bonus pulsa ini berlaku untuk nelpon dan sms ke semua operator. Asyiiik… #IndosatOK