Ini adalah sedikit cerita saat mampir ke markasnya Bang Ramelan dan Kang Teddy, calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dari jalur independen. Sebenarnya niat mampir ke markas ini sudah cukup lama, sayangnya baru kesampaian Senin kemarin (6 Feb’12).

Kunjungan saya tak lain memberikan dukungan pribadi kepada Bang Ramelan dan kang Teddy untuk maju sebagai calon independen dalam Pilkada DKI Jakarta. Meski hanya membawa sedikit foto copy KTP dukungan, tapi setidaknya sebagai sahabat saya sudah memberi andil dalam perjuangan Bang Ramelan. Oya, mengenai siapa itu sosok Prayitno Ramelan dan Teddy Suratmadji, klik saja website mereka di sini.

Mencari markas tim Ramelan-Teddy itu ternyata susah-susah gampang. Patokannya hanya pool Lorena di jalan TB Simatupang, dari situ kita harus menyusuri jalan yang tak seberapa besar. Dan ternyata tak terlalu jauh sampailah di markas tim Ramelan-Teddy.

Agak surprise juga melihat markas penggalangan dukungan suara bagi Ramelan-Teddy. Rumah yang digunakan sebagai markas kegiatan sangat sederhana, tidak ada baliho segede gaban yang biasa dipasang di markas tim sukses pasangan Pilkada. Satu-satunya penanda adalah poster hitam putih bertuliskan “Bismilah Kami Tegas & Independen”. Itu saja. Sangat simpel.

Begitu masuk ke dalam, anggota tim sukses bernama bapak Amal mendatangi saya dengan ramahnya. Ia menerima dan memberikan tanda terima foto copy KTP yang saya serahkan. Dari perbincangan kecil dengan pak Amal, saya ketahui kesibukan di markas tim sukses ini terjadi sepanjang hari. Mereka bekerja siang malam tanpa henti guna menjaring dukungan warga Jakarta sebagai salah satu prasyarat mendaftarkan diri dalam pilkada 2012 dari jalur independen.

Berbeda jika peserta Pilkada memperoleh dukungan parpol. Calon tinggal siapkan uang dukungan bagi parpol dan siap berkampanye. Sementara mereka yang memilih jalur independen jalan menuju pencalonan agak berliku, mulai dari mengumpulkan dukungan minimal 407 ribu lebih warga Jakarta yang dibuktikan dengan foto copy KTP. Selain itu, cagub independen pun masih harus bergulat mencari dana bagi pembiayaan kampanye.

Yang menggembirakan, ternyata kubu Ramelan-Teddy meski tak banyak disorot media, sudah berhasil mengumpulkan dukungan warga ibukota lebih dari 500 ribu orang. Jumlah yang luar biasa, mengingat pasangan ini termasuk yang ‘telat masuk gelanggang’ jika dibandingkan calon independen lainnya seperti Faisal-Biem yang sudah sekitar setahun bersiap.

Hari Rabu (8 Feb’12) KPU DKI Jakarta akhirnya secara resmi membuka pendaftaran bagi cagub DKI Jakarta dari jalur independen. Rencananya, pasangan Ramelan-Teddy akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pilkada secara resmi hari Jum’at (10 Feb’12) lusa. Dipilihanya hari Jum’at, karena Ramelan-Teddy ingin memulai langkah perjuangannya di hari yang baik, hari Jum’at. Pendaftarannya pun akan dilakukan usai shalat sunnah Duha.

Sebuah pilihan waktu yang baik! Goodluck Ramelan-Teddy!