Arantan, winner 7 Days March

Rabu lalu saya hadir dalam malam pengumuman event 7 Days with March yang digelar di Convivium Cafe Deli Panglima Polim Jakarta Selatan. Seharusnya pengumuman ini dilakukan akhir bulan lalu, namun juri dari Nissan Motor Indonesia rupanya harus bekerja ekstra keras karena postingan para partisipan bagus-bagus. Entah ini beneran atau hanya mencari pembenaran dari terlambatnya pengumuman.

Lebih dari 20 blogger hadir di cafe mungil bernuansa Italia ini. Beberapa tak bisa hadir lantaran bentrok dengan acara masing-masing. Seperti @harrismaul yang sedang travelling di Sumatera dalam program #ACI2011, @Chikastuf yang tugas ke Bali, dan beberapa lainnya yang gak jelas kenapa tak hadir.

Pertemuan ini sekaligus jadi ajang reunian para blogger yang sukses mengawal ajang ini di bulan September silam. Saling bertukar cerita seputar pengalaman menggunakan Nissan March jadi menu wajib. Umumnya mengaku puas dengan kendaraan mungil yang lincah, irit dan jago manuver ini. Beberapa mengatakan ingin program ini ditambah lebih lama, misalnya dua pekan, sebulan atau setahun. Halah setahun mah beli aja kalee..

Dari pihak Nissan Motor Indonesia hadir antara lain Teddy, VP marketing NMI danSutrisno Lesmono, Deputy Director After Sales Service Division NMI. Pak Tedy mengungkap apa dan mengapa program 7 Days with March ini digelar. Menurutnya, pihak NMI cukup puas dengan sharing pengalaman yang diberikan para blogger terhadap produk Nissan March. Katanya, tulisan-tulisan ini bakal dijadikan referensi oleh Nissan. Sebuah cara pemasaran yang unik, yang berbasis experience atau pengalaman pengguna.

Saya sendiri terus terang cukup surprise bisa ikutan di ajang ini. Saya bisa merasakan bagaimana produk city car ini langsung dengan cara mencobanya bukan lewat omongan sales, iklan cetak atau tv. Saya juga jadi lebih mengerti seluk beluk mobil, karena selama ini tak terlalu peduli.

Experience seperti ini jelas sangat mahal bagi konsumen, karena pengguna bukanlah kalangan yang pasif menerima informasi. Justru para blogger adalah kalangan yang cenderung “bawel” jika diminta mengkritisi sesuatu. Ini agak beresiko sebenarnya upaya Nissan menggandeng para blogger. Tapi justru dari masukan-masukan yang bawel inilah Nissan bisa mengukur diri jika akan meluncurkan produk yang didamba konsumen. Spesifikasi macam apa yang cocok dengan kebutuhan pengguna lokal di Indonesia, karena otomotif adalah produk yang spesifik pasarnya. Tak bisa disama ratakan antar satu negara dengan negara lain.

Keluar sebagai pemenang ajang ini adalah Arantan Saranto, blogger yang banyak menulis seputar motor. Arantan akan diajak Nissan mengunjungi event dunia Tokyo Motor Show serta Disneyland. Hadiahnya memang bergeser, semula kunjungan ke pabrik Nissan di Opama, Jepang. Sayangnya karena mereka sedang mengembangkan produk baru, kunjungan tak bisa dilakukan.

Selamat buat pemenang dan juga dua pemenang favorit juri. Lalu saya dapat apa? Topi dari Nissan sebagai satu dari 5 orang yang menang live tweet selama acara kemarin.

Lumayan! Tengkyu @NissanID , saya siap kok jika ada ajakan serupa yang jauh menantang! Hehe..