Wijaya Kusumah aka Oom Jay

Awal bulan ini saat iseng-iseng blogwalking saya bertemu dengan ajang Acer Guraru (Guru era Baru)Award 2011. Ajang penghargaan bagi blog guru terbaik yang digelar terkait dengan ONOFFID, kegiatan yang dulu bernama Pesta Blogger.

Saat membaca syarat dan ketentuan ajang ini hanya ada satu nama blogger yang saya kenal dan ingin saya nominasikan. Dia adalah seorang guru yang cukup aktif menulis dan sudah banyak mendapat penghargaan dalam bidang tulis-menulis.

Kenapa saya memilih Oom Jay atau Wijaya Kusumah sebagai nominator Guraru? Sebenarnya bukan karena saya kenal dekat dengan blogger nyentrik yang selalu menggunakan peci itu. Tapi lebih pada aktivitas dan sosoknya yang tak kenal lelah berbagi, entah itu dengan sesama blogger, sesama guru maupun dengan siswa-siswanya di Labs School Rawamangun.

Bagi saya apa, yang dicapai Oom Jay selama ini luar biasa. Karena guru yang satu ini seolah tak punya urat lelah, selalu ada di hampir semua kegiatan off air blogger. Dia juga beredar di banyak forum guru. Belum lagi tetap mengajar dan dulu sempat kuliah lagi. Namun meski aktivitasnya padat, itu tidak mengurangi produktivitasnya dalam menulis.

Lihat saja postingannya di Kompasiana. Saya dan Oom Jay nyaris sama-sama ‘masuk’ sebagai blogger di Kompasiana. Tapi dalam hal trafik tulisan, saya kalah jauh. Oom Jay sangat produktif. Bahkan di bulan Januari 2010, Oom Jay sempat menulis hingga 74 postingan. Wow, padahal jumlah hari di bulan itu saja hanya 31. Berarti dia sempat menulis lebih dari satu postingan dalam sehari.

Balik ke Guraru, setelah saya nominasikan dan beritahu Oom Jay soal nominasi itu, ternyata langsung direspon dengan sangat cepat oleh Oom Jay. Ia langsung membuat postingan meminta dukungan.Sebagai blogger dengan sejuta umat, tidaklah sulit bagi Oom Jay untuk memperoleh dukungan itu. Hingga hari ini dukungan terhadap Oom Jay terus mengalir. Ini merupakan bukti persahabatan dunia maya yang sebenanrnya. Saya dan juga blogger lain yang menominasikan Oom Jay sepertinya sepakat bahwa cuma Oom Jay yang cocok menerima anugerah Guraru Award 2011. Hehehe….bukan begitu Oom Jay!

Alhamdulillah ya!

Bagi yang belum tahu seperti apa blognya Oom Jay, ini dia http://www.wijayalabs.com . Dan bagi yang ingin memberikan dukungan bagi Oom Jay bisa klik link http://guraru.onoffid.org.