Sejumlah blogger Indonesia kini tengah berjuang menjadi yang terbaik di penghargaan Blog prestisius The Bobs 2010. Ajang ini diberikan pada blogger yang memiliki blog-blog keren dengan 7 kategori berbeda. Masing-masing kategori menampilkan 11 finalis. Penjurian dan penentuan pemenang dijaring melalui polling blogger di seluruh dunia.

Tahun ini kontes ini diikuti 8.300 blogger berbagai bangsa dan bahasa. Untuk kategori Best Weblog ada seorang blogger kondang yang masuk nominasi yakni Paman Tyo dengan Catatan Ringan Angin-anginan. Di kategori  Blogwurst ada nama Ndoro Kakung dengan blognya Pecas Ndahe.  Di kategori Special Topic Award Climate Change ada Dharmawan dengan blog Aku Ingin Hijau.

Yang paling seru menurut saya justru di kategori blog berbahasa Indonesia. Sejumlah nama blogger yang sudah kondang berdendang di jagat blog bertarung bersama. Saling susul persentase dukungan terjadi sejak hari pertama hingga kini. Popularitas blog tidak serta merta mengantarkan blog tersebut diberi dukungan luas. Ada kawan saya Amril taufik Gobel yang bertarung di kategori ini. Dia memasukkan blognya yang inspiratif Catatan-catatan dari Hati. Hingga malam ini blognya Daeng Amril masih berada di puncak klasemen. Saya berharap blog ini bisa menang. Karena  memang keren dan banyak bertebaran kata-kata puitis.

Sayangnya di kategori Best Podcast, Best Videoblog, serta Reporters without Borders for Press Freedom tidak ada satupun blogger Indonesia yang masuk nominasi. Mungkin kebiasaan kita ngeblog masih writing oriented, dan belum memaksimalkan teknologi video dan podcast. Ini peluang sebenarnya untuk tahun mendatang. Kalau mau konsen di kategori ini lumayan tidak seketat kategori lainnya.

Semoga tahun depan bisa ikutan dan jadi salah satu yang terbaik.