Sungai di Dasar Laut yang Menghebohkan Itu!


Sungai di Dasar Laut

Publik dunia maya belakangan dihebohkan dengan temuan sungai di bawah laut, tepatnya di Tulum, Cenote Angelita, Mexico. Di video yang tersebar melalui youtube digambarkan sungai tersebut bica dicapai jika kita menyelam hingga kedalaman 30 meter. Di kedalaman ini, sungai yang disebut ajaib itu terletak di sekitar pepohonan gersang. Suasana yang tersaji mirip dengan dunia kita di atas permukaan laut.

Sang penyelam juga digambarkan sempat berenang ke dalam sungai, yang warna airnya berbeda dengan warna air laut. Konon air di sungai ini rasanya tawar, berbeda dengan habitat laut di atasnya. Subhanallah!

Siang tadi saya melihat pembahasan mengenai hal ini di program infotainment Silet di RCTI. Seorang pakar kelautan UI, sorry saya lupa namanya, menyatakan, fenomena semacam ini bisa saja terjadi. Bahkan di negeri kita sendiri kabarnya ada sungai di bawah laut semacam itu.

Sebagai orang awam tentang ilmu kelautan, saya mengamini saja pernyataan sang pakar. Apalagi kan tak ada yang tak mungkin kalau Allah berkehendak.

Namun, sebagai penonton TV, saya agak ragu. Coba lihat di beberapa adegan, laut yang diterobos oleh para penyelam sepertinya kok tidak ada gerakan airnya. Padahal jelas-jelas ada orang yang menembus dasar laut, tapi airnya seperti tak tersibak. Selain itu, suasana di kedalaman laut benar-benar terang-benderang, seolah tim penyelam ini membawa lampu sorot berdaya luar biasa. Tolong koreksi kalau saya salah.

Boleh lah kalau saya curiga ini sebuah rekayasa. Bisa saja gambar-gambar ini merupakan adegan sebuah film layar lebar Hollywood yang segera dirilis ke pasaran.

Sebuah kabar pada dasarnya bisa kita sikapi dengan percaya atau tidak. Believe it or not! Terserah anda, mau percaya atau tidak!

Advertisements

6 thoughts on “Sungai di Dasar Laut yang Menghebohkan Itu!

  1. @danial: kalau dibawa ke ‘sana’ saya percaya. tapi yg sy tak percaya adalah video sungai di dasar laut itu spt video yg dibuat untuk film layar lebar. padahal peralatan yg dibawa tim penyelam minimalis, tp hasil gambarnya maksimal.

  2. @thomses: kecurigaan sy cuma dari sudut pandang gambar. soal keberadaan sungai di dasar laut okelah. tp gambar itu terlalu sempurna kalau hanya diambil dengan peralatan seadanya. kualitasnya seperti film.

    salam kenal kembali thomses. thx ya sudah mampir.

  3. Careetwan Saibun says:

    Salam kenal ya mas, saya juga awam masalah ilmu kelautan tapi saya di sini cuma mau menambah berdasarkan pengalaman saya sebagai Fotografer dan seorang yg hobi olah raga Menyelam.
    Sebagai umat Muslim saya yakin BENAR bahwa sungai di bawah laut yg airnya tawar bisa tidak bercampur dgn air laut yg asin dgn kehendak Allah SWT. Dan mungkin kalo kita masih ingat pelajaran Fisika di SMP dulu kita akan lebih mudah meyakininya secara Ilmiah-nya.

    Tapi yg akan saya sampaikan sebagai Fotografer dan penghobi olah raga Menyelam adalah bahwa memang benar ada alat Videografi [handycam] yg ukurannya terlihat kecil tapi kualitas hasil gambarnya setara dgn kamera video utk pembuatan Film layar lebar, Camera itu biasanya bersensor 3CCD dgn format film High Definition HD 1028p. Hasil gambarnya akan terlihat spt pd cuplikan film sungai di bawah laut ini.
    Masalah pencahayaan yg sampai sedalam 30m di bawah permukaan laut pd cuplikan ini masih tergolong normal malah agak redup menurut saya, karena saya pernah menyelam sampai kedalaman 45m di bawah permukaan laut di sebuah pulau di kepulauan Bahama malah cahayanya jauh lebih terang dari ini. Karena laut di sana sangat jernih bukan seperti laut yg di seputaran pelabuhan. Sayangnya waktu itu saya tidak mengabadikannya dengan video tp hanya foto2 yg salah satunya bisa mas liat di FB saya [careetwan saibun], bukan promosi lho.

    So pd dasarnya video ini dpt diyakini kebenarnya secara Agama dan Ilmiah, apa lg mereka yg notabene para peneliti serius pastilah menggunakan Camera Video yg canggih dan bagus hasilnya……Semoga pandangan saya ini bermanfaat bg kita bersama. Mohon maaf jika ada tulisan saya yg tidak berkenan harap tidak menjadi pertimbangan akan benar tidaknya VIDEO sungai di bawah laut ini. Ini cuma pendapat saya lho….IMHO.

  4. @careetwan: tengkyu sudah memberi pencerahan. saya memang ingin ada orang yang menganalisis dari sisi fotografi, karena concern saya pada hal ini. memang secara agama hal itu bisa dimungkinkan, dan itu saya tak ragu. tapi informasi di internet akhir-akhir ini juga harus dikritisi, karena akurasi terkadang tidak tunggal sifatnya. apalagi banyak kabar rekayasa di dunia internet, makanya saya hati-hati juga untuk mempercayai ini. makasih sudah berbagi dan memberi background yang meyakinkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s