Sungai di Dasar Laut

Publik dunia maya belakangan dihebohkan dengan temuan sungai di bawah laut, tepatnya di Tulum, Cenote Angelita, Mexico. Di video yang tersebar melalui youtube digambarkan sungai tersebut bica dicapai jika kita menyelam hingga kedalaman 30 meter. Di kedalaman ini, sungai yang disebut ajaib itu terletak di sekitar pepohonan gersang. Suasana yang tersaji mirip dengan dunia kita di atas permukaan laut.

Sang penyelam juga digambarkan sempat berenang ke dalam sungai, yang warna airnya berbeda dengan warna air laut. Konon air di sungai ini rasanya tawar, berbeda dengan habitat laut di atasnya. Subhanallah!

Siang tadi saya melihat pembahasan mengenai hal ini di program infotainment Silet di RCTI. Seorang pakar kelautan UI, sorry saya lupa namanya, menyatakan, fenomena semacam ini bisa saja terjadi. Bahkan di negeri kita sendiri kabarnya ada sungai di bawah laut semacam itu.

Sebagai orang awam tentang ilmu kelautan, saya mengamini saja pernyataan sang pakar. Apalagi kan tak ada yang tak mungkin kalau Allah berkehendak.

Namun, sebagai penonton TV, saya agak ragu. Coba lihat di beberapa adegan, laut yang diterobos oleh para penyelam sepertinya kok tidak ada gerakan airnya. Padahal jelas-jelas ada orang yang menembus dasar laut, tapi airnya seperti tak tersibak. Selain itu, suasana di kedalaman laut benar-benar terang-benderang, seolah tim penyelam ini membawa lampu sorot berdaya luar biasa. Tolong koreksi kalau saya salah.

Boleh lah kalau saya curiga ini sebuah rekayasa. Bisa saja gambar-gambar ini merupakan adegan sebuah film layar lebar Hollywood yang segera dirilis ke pasaran.

Sebuah kabar pada dasarnya bisa kita sikapi dengan percaya atau tidak. Believe it or not! Terserah anda, mau percaya atau tidak!