Belakangan kenyamanan saya sebagai pemilik akun jejaring sosial Facebook agak berkurang. Apa pasal? Saya yang kerap membuka FB dari HP LG GW 300 merasa akun FB saya kini tak aman lagi. Memang saya belum pernah mendapati akun saya dibuka orang lain. Tapi sebaliknya, saat saya buka Fb melalui aplikasi yang ditanam di HP, seringkali tiba-tiba masuk akun milik orang lain.

Biasanya saya tak pernah logout akun FB saya dari HP. Ini hanya untuk memudahkan. Jadi saat membuka aplikasi FB langsung masuk ke akun pribadi saya. Suatu kali saya buka FB dan terheran-heranlah saya, karena nama pemilik akunnya tak saya kenal sama sekali. Jangankan kenal, nama mereka pun baru saya tahu saat itu.

Semula saya berpikir mungkin anak-anak di rumah yang pakai beragam akun FB. Tapi anehnya, saat HP itu dalam genggaman saya, hal serupa terjadi. Beberapa nama yang saya ingat ada yang usernamenya randi ahmad, terus juga aria putra. Saya terus terang tak punya sangkut paut dengan kedua nama ini. Setelah saya amati isi FB-nya keduanya berusia remaja.

Awalnya saya mengira mungkin akun FB yang bocor ini hanya dirasakan pemilik LG GW300. Tapi, nyatanya yang akunnya ada di HP saya ada yang menggunakan Sony Errickson, Nokia, bahkan Blackberry. Makin bingunglah saya.

Untungnya saya tak punya bakat merusak akun Fb orang. Saya cuma sekedar melihat-lihat siapa sih profil orang ini, apakah ada keterkaitannya dengan saya. Coba bayangkan jika yang menemukan bocoran akun FB ini adalah orang yang isengnya masuk derajat parah, saya tak bisa bayangkan bagaimana dia bakal mengacak-acak akun orang lain.

Beruntungnya lagi tak ada foto syur atau informasi rahasia di akun saya, sehingga saya sendiri agak tenang. Tapi sampai sekarang masih penasaran, kok bisa ya?

Ada yang punya persoalan senasib? Bagaimana jalan keluarnya ya?