Reuni 89 Back to 70


Pak Julius masih ngetop!

Siang tadi saya hadir di reuni angkatan 89 SMAN 70 Bulungan, Jakarta Selatan. Sekolah yang punya banyak cerita bagi kami alumninya. Sekolah yang terletak di sepenggal jalan Bulungan ini merupakan penggabungan 2 sekolah SMAN 11 dan SMAN 9. Karena sering ribut, akhirnya didamaikan menjadi SMAN 70.

20 tahun masa yang cukup lama tak bersua kawan seangkatan. Sebagian besar kawan benar-benar saya jumpai lagi setelah 20 tahun, karena selama ini komunikasi hanya lewat email atau telepon.

Ada yang masih tampak seperti terakhir ketemu, namun sebagian besar pastinya sudah berubah. Secara fisik so pasti. Mulai dari size, rambut warna-warni hingga kelakuan yang ‘watt’nya lebih rendah dari jaman dulu.

Meski tak semua hadir, tapi cukup ramai lah reuni akbar pertama angkatan kami ini. Dari 800-an teman seangkatan, saya perkirakan lebih dari 400 orang hadir. Yang datang selain yang mukim di Jabodetabek, juga beberapa dari luar kota, bahkan ada yang dari luar negeri.

Ampun Pak....

Acara hiburannya nyaris gak terlalu penting bagi saya. Kita semua sibuk berhaha-hihi, senyum sana, senyum sini, foto bareng, atau ngemil jajanan kantin yang ngangeni itu.

Yang mengharukan adalah perjumpaan dengan guru-guru. Umumnya mereka sudah berada di usia emas. Pak Julius Jusuf , kepsek 70 era 89 dulu, ternyata masih seperti dulu, sehat, bugar dan tegas. Wah, mesti banyak belajar dari JJ soal jaga kesehatan dan kebugaran nih, mengingat di usianya yang ke 76 masih tetap terlihat tegap bertenaga.

Sebagian bapak dan ibu guru

Beda dengan Pak JJ, pak Amir guru olahraga, hadir dalam kondisi sakit. Sepanjang acara ia hanya duduk di kursi rodanya. Meski sakit, saya salut dengan semangat hidupnya. Saya sempat berbincang dengan pak Amir di sela acara. Katanya ia terharu dengan undangan kawan-kawan. Makanya meski kondisi fisiknya tak memungkinkan, ia memaksakan hadir demi melihat anak didiknya sekarang seperti apa.

Momen yang Mengharukan

Saya sendiri perlu memberikan acungan jempol kepada kawan-kawan panitia yang berhasil mempertemukan kita dalam satu forum seperti ini. Di tengah kesibukan masing-masing panitia, akhirnya acara ini berhasil digelar. Buat Frans sang komandan, istirahat bos, tadi siang kau kelihatan kuyu. Seolah kehilangan energi. Mungkin sudah terkuras sejak persiapan beberapa hari terakhir.

Tengkyu guys, sudah bekerja dengan keras. Berkat acara tadi, beberapa kawan sudah terinspirasi untuk membuat reuni kecil antar kelas.

Advertisements

19 thoughts on “Reuni 89 Back to 70

  1. Desti Chairini says:

    Terima kasih tulisannya Din…. dan juga fotonya. Alhamdulillah, acara yg dipersiapkan dalam waktu yg relatif singkat bisa berjalan lancar dan bikin teman-teman senang. Reuni kemarin terasa singkat karena rasanya banyak sekali teman-teman yg belum disapa satu persatu….. Insyaallah, reuni ini menjadi awal yg baik dan bisa mempererat tali silaturahmi di antara alumni angkatan 89 SMA 70.

    Untuk Pak Komandan Frans…. Terima kasih atas ketenangan dan kesabarannya dalam menghadapi dan terus memotivasi kami, ‘anak buah’nya yang dengan berbagai karakter membuat proses persiapan reuni jadi penuh ‘warna’.

    Salam 70 ….. “SAYA GAYA JAYA”

  2. @desti: kita yang harusnya ngucapin makasih ke panitia Des. kalau boleh dideskripsikan kerja kalian dalam satu kata “GILA”! Maaf kalau tak sempat banyak bantu di kepanitiaan. Awalnya sih sempat pengen bantu-bantu, namun keterbatasan waktu membuat saya urung terlibat. tengkyu Desti dan kawan2 panitia. kalian memang “GILA”.

  3. 400 orang itu banyak lho… mantap !
    dari dulu kalo ngadain reunian, pasti gak pernah datang lebih dari 100. meliat yg ini keren abis dah. Selamat yow

  4. Indiana Simalango says:

    Wah….kalo ada reuni lagi, aku diundang duooong. Aku dulu sekelas sama dewi kurus. Pacaarnya ukka. Hahahahaha. Hai Dewi…..nebeng dong pulang. Hahahahaha….

  5. Indiana Simalango says:

    Iya…pak Syaifuddin, kita dulu sekelas. Kapan lagi nih reuninya. Pengen ketemu sama teman-teman yg aktif di PMR.Kadang aku lewat di depan sekolah. Mampir makan somay enak. Sukses deh buat almamater SMA 70 Bulungan.Saya gaya Jaya.

  6. Indiana, Oktober ini bakal ada festival Bulungan, reuni akbar semua angkatan. coba pantau deh lewat FB dan cek teman2 lainnya. tiap angkatan diberi booth tersendiri untuk kongkow2…

  7. YUDIANTO PUTRO & MICHELLE PRINGGODIGDO says:

    Kerja yang sangat bagus untuk panitia…kami berdua ‘serasa’ terbawa kembali ke 89….krn di 70 lah kami bertemu..

  8. YUDIANTO PUTRO & MICHELLE PRINGGODIGDO says:

    kerja keras panitia yang sangat sempurna….kami ‘ serasa’ berada kembali di tahun 89……di SMA 70 lah kami bertemu….

  9. Zaenal says:

    Maaf, Kenal Sama Renati (TITU) SMAN 70 lulus tahun 1989, Rumah di bintaro, kulia di Kimia UI, minta Informasinya ya,…Temen SMPN 111 jakarta

  10. @yudianto+michelle: apa kabar kalian? selamat ya dipertemukan lewat 70..

    @zaenal: kebetulan kenal sama Renati. tapi sejak lulus SMA lost contact. saat reuni kemarin juga gak datang sepertinya. sorry banget gak bisa bantu.

  11. Rizky Sisgahana says:

    Kita Mau Reunian lagi nih… Pak
    Reuni Perak taon ini juga
    Insya Allah November 2014 ini

    Tolong bantu info ke temen temen laen yak

    Tengkyuuuu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s