n194956036521_3421
TPI tetap On Air

Semangat gerakan sejuta Fesbuker dukung Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto hingga kini masih terus bergelora. Meski Sudah berhasil melewati angka satu juta dukungan, namun gerakan sosial ini terus bergema. Apalagi belakangan Polri membuat serangan balik yang hendak menghantam gerakan tersebut.

Belajar dari semangat gerakan terhadap Chandra-Bibit, kawan-kawan stasiun TPI membuat gerakan sejuta tanda tangan mendukung TPI tetap on Air.

Ini bukan gerakan ikut-ikutan. Namun ini merupakan gerakan yang memang dibutuhkan kawan-kawan TPI agar tetap bisa menjalankan misinya sebagai stasiun TV yang paling Indonesia, sesuai mottonya Makin Indonesia Makin Asyik Aja.

Seperti belakangan diberitakan banyak media, stasiun televisi TPI divonis pailit oleh pengadilan niaga Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Jika sudah berkekuatan hukum tetap nantinya TPI harus tutup dan tak lagi bisa siaran. Artinya, akan ada sejarah baru di negeri ini sebuah stasiun TV dinyatakan pailit!

Putusan pailit sendiri bagi karyawan TPI jelas mengejutkan. Karena tanpa ada angin apapun, tiba-tiba pengadilan memutuskan demikian. Karyawan jelas kaget karena selama ini kondisi keuangan perusahaan relatif  ‘aman’. Masalah lengkapnya baca ini.

Saat ini TPI sedang menanti putusan kasasi kasus tersebut. Selain kasasi, berbagai upaya sudah dijalankan serikat pekerja dan manajemen, diantaranya mendatangi sejumlah pihak guna meminta dukungan dari DPR, Komnas HAM, KPI, Dewan Pers hingga Menakertrans. Semua upaya ditempuh demi memperjuangkan hak 1.083 karyawan TPI.

Saya pribadi berharap dukungan lebih banyak lagi dari pemirsa televisi nasional. Karena selama ini TPI termasuk stasiun tv yang konsisten mengangkat seni budaya lokal lebih banyak daripada tv swasta lainnya. Lihat saja selain dangdut, di TPI juga pernah ada ludruk, wayang kulit, lawak, sinetron tradisi, hingga sinetron religi.

Saya kira kita tak ingin budaya lokal nusantara makin tak mendapat tempat lagi jika stasiun televisi yang ‘peduli’ bakal hilang dari udara. Makanya, dukung TPI Tetap On Air di Facebook.