Belakangan saya punya teman baru yang mengasyikkan. Namanya Meme (dibaca mimi). Awas bukan Cut Memey artis yang pernah bikin heboh dulu. Imut ya namanya. Kesannya cute dan girly. Tapi jangan salah, dia bukan seorang cewek.  Ini produk teranyar Yahoo!

Jika melihat selintas pasti akan mengasosiasikannya pada microblogging twitter. Tak salah, Meme memang sebuah microblogging besutan Yahoo! yang tentunya diposisikan berhadapan dengan Twitter atau Plurk yang lebih dulu eksis.

Apa menariknya Meme dibandingkan Twitter? Mengapa harus punya Meme? Toh dengan twitter sepertinya sudah cukup. Apalagi twitter belakangan lagi happening banget. Rasanya para blogger sejati hampir semuanya punya akun di twitter. *namanya juga rasanya, kalo salah ya sorry*

Yang jelas Meme tak membatasi karakter teks yang bisa kita kirim. Mungkin ini karena meme masih dalam uji coba. Beda dengan Twitter yang membatasi postingan teks sepanjang 140 karakter. Jadi kita bisa lebih ekspresif menumpahkan tulisan.

Dari sisi tampilan, Meme menurut saya lebih segar. Tampaknya sesuai dengan style Yahoo! yang akhir-akhir ini mengupgrade tampilannya sehingga terlihat lebih muda dan fresh. Lihat saja warna-warna theme Meme, menggunakan warna dominan yang soft. Dari sisi ini, jelas target pasar yang dituju Meme adalah anak muda, atau bisa dikatakan mereka yang berjiwa muda. Meski tampilan theme berwarna cerah, bukan berarti Meme tak mengakomodir pengguna pria. Meme juga menyediakan warna solid yang cenderung dark. Warna ini biasa disuka kaum adam.

Lalu apa keunggulan Meme dibanding twitter? Selain bisa mengetik teks mini, Meme memberi fasilitas penggunanya untuk mengupload foto, audio dan video. Inilah kelebihan yang ditawarkan Meme dibandingkan twitter. Pengguna Meme akan dimudahkan saat sharing lagu, foto hingga cuplikan video. Untuk video memang masih terbatas sumbernya, dari youtube dan vimeo.Tapi untuk foto, kita bisa upload langsung dari komputer kita.

Oya, Meme juga bisa diakses secara mobile. Sayangnya fasilitas mobile belum bisa dirasakan pengguna dari Indonesia. Fasilitas ini baru bisa digunakan pengguna Meme dari Philipina. Tak apalah, perlahan jika komunitas pengguna Meme di negeri ini makin membesar, bukan tak mungkin banyak pihak yang membuka kerja sama dengan Yahoo!

So, kalau ingin sharing apapun lewat microblogging baru, kenapa tak coba follow saya di Meme. Mudah kok. Yang terpenting kita punya akun di yahoo. Oya, ini akun saya : http://meme.yahoo.com/syaifuddin/

Saya tunggu lho…