Iskandar
Iskandar In Action

BLOGSHOP Kompasiana hari Sabtu sukses digelar di gedung Kompas-Gramedia, Palmerah Jakarta. Ajang pelatihan pembuatan blog ini merupakan yang pertama kali digelar oleh Kompasiana, dan rencananya akan rutin digelar ke sejumlah daerah secara berkala.

Tampil sebagai pembicara dua blogger kondang, Pepih Nugraha, wartawan Kompas yang kini mengurusi Kompasiana dan Iskandar Zulkarnaen, blogger yang juga tim belakang layar Kompas.com. Selain itu, beberapa blogger Kompasiana pun hadir, mulai dari mas Abi yang juga ikutan sebagai peserta, Novrita, Yulyanto, Oom Jay, mas Amril, mas Aris, sampai mas Junanto.

Semula ajang ini dibuat khusus bagi pelajar dan mahasiswa yang awam dengan dunia Blog. Ternyata selain pelajar, ada pula 3 ibu dan 1 bapak yang ikutan. Bahkan satu ibu diantaranya, ibu Nining, jauh-jauh datang dari Tokyo, Jepang. Ibu Nining adalah staf Kedubes RI di Jepang yang tengah pulang kampung dan sengaja ikutan Blogshop karena ingin bisa terampil nge-blog. Hmm…salut buat ibu yang satu ini dengan semangatnya.

peserta
Peserta Serius Menyimak

Yang menarik, bu Nining juga menawarkan diri jika kita berkunjung ke Tokyo untuk mampir dan menginap di rumahnya. “Daripada ke hotel kan mahal,” katanya yang langsung disambut applaus peserta. Ayo-ayo siapa mau ke Jepang….

Blogshop sendiri berlangsung seru. Pepih Nugraha menularkan tips menulisnya pada para peserta. “Tulislah sesuatu yang dekat dengan kita dan kita senangi,” begitu kang Pepih menyemangati peserta. Sementara Iskandar Zulkarnaen memaparkan mengapa dan kenapa harus nge-blog.

Abi
Abi dan Anak yang Kompak

Paling seru saat peserta diminta membuat tulisan singkat selama 20 menit oleh kang Pepih. Maka bermunculanlah ide tulisan dari peserta yang luar biasa. Ada yang menceritakan pengalamannya naik transportasi publik, serunya mengikuti kegiatan Mabit di sekolah, Blackberry, hingga tulisan kontemplatif yang filsafati.

Sayangnya saya tak bisa mengikuti acara ini hingga kelar. Namun dari pengamatan sekilas, acara semacam ini perlu terus dibuat untuk menularkan semangat menulis bagi banyak orang.

*ada di sini.