foto-website1Mega kabarnya akhirnya mengalah pada desakan banyak pihak, dan hampir pasti minggir dalam perebutan RI-1. Dan seharian ini beredar kuat wacana menyandingkan Prabowo dan Puan Maharani, putri Mega.

Alasannya, keduanya adalah wajah baru yang diharapkan bakal memberi warna baru diantara ‘wajah lama’ politisi nasional kini. Prabowo dianggap punya daya jual tinggi, lagipula tingkat elektabilitas Prabowo cukup kuat di benak publik, setidaknya dibandingkan JK dan Mega sekalipun.

Akan halnya Puan, dia diharapkan memberi darah baru dalam perpolitikan nasional. Setelah publik bosan dengan tingkah polah politisi yang cuma itu-itu saja, Puan diharapkan lebih segar dan fresh.

Tapi apakah PDIP rela melepas Megawati? Karena amanat Kongres PDIP kan jelas membawa sang ketua umum ke kursi nomor satu di republik ini.

Saya pribadi gelap mengenai track record Puan. Apa kegiatan Puan di masyarakat, di partai atau aktivitas lainnya benar-benar tak saya ketahui. Justru saya hanya tahu dia sebagai bayang-bayang sang ibu. Lainnya tidak.

Saya kok menilai Puan terlalu cepat masuk orbit. Terlalu beresiko menurunkan Puan ke belantara politik selevel Pilpres. Kalau hanya melihat faktor ‘muda’, masih banyak tokoh yang muda dan berkualitas.

Bagaimana menurut anda?