Black Community, kampanye terbuka hari ini akan dimulai serentak di seluruh Indonesia. Ini adalah tahapan selanjutnya dari proses pemilu legislatif yang dijadwalkan oleh KPU. Kampanye damai ini bakal berjalan hingga 5 April mendatang. Dan kegiatan hari ini  didahului dengan Deklarasi Kampanye Damai di Kemayoran Jakarta Pusat.

Sesuai dengan namanya, diharapkan kampanye kali ini memberikan nuansa damai, teduh, dan nyaman. Tidak hanya bagi massa partai politik saja, tapi juga bagi seluruh warga. Sukses tidaknya sebuah partai dalam kesertaan di pemilu, akan tergambar dalam aksi-aksi mereka selama kampanye terbuka.

Bisa jadi ada partai yang  ini sudah menarik banyak simpati akan makin dicinta karena ternyata mereka bisa memelihara sopan santun berpolitik selama kampanye. Sebaliknya, jika kampanye dilakukan dengan tidak mengindahkan etika, bukan tidak mungkin ada partai yang bakal dijauhi publik.

Masa kampanye pastinya juga akan banyak diisi dengan perang kata-kata antar parpol dan . Ini tak bisa dihindari, karena penyampaian misi dan visi partai pastilah menggunakan kata-kata. Hanya kalau boleh meminta, tolong isi kampanye jangan  menghujat pihak lain. Sampaikan misi partai anda dengan cara yang seelegan mungkin. Jangan kotori panggung demokrasi dengan tebaran kata tak bermakna dan cenderung menjatuhkan orang lain, atau menghina orang lain.

Sampaikan kata-kata dengan santun, menyodorkan rencana kerja sambil menawarkan solusi akan jauh lebih indah. Masyarakat kita sudah lebih pandai menilai, jika cara kampanye masih meniru perang kata-kata di surat kabar, saya tak bisa bayangkan bagaimana situasi psikologis massa menerima hal tersebut.

Saya berharap kampanye damai bukan sekedar slogan. Masing-masing parpol harus bisa mengendalikan massanya. Dan massa juga jangan mudah diprovokasi. Buktikan pada warga negeri ini yang masih ragu-ragu mengikuti pemilu bahwa hajatan lima tahunan ini memberi harapan akan kehidupan lebih baik di masa datang. Dan keragu-raguan akan terjawab dengan kesertaan dalam pemilu.

Ok Black In News, selamat berkampanye. Mari ciptakan kondisi yang aman, santun, damai dan bermartabat untuk Indonesia yang lebih baik.