saya lupa sejak usia berapa makan tempe. namun saya masih ingat penganan ini begitu istimewanya dalam keluarga kami. meski harganya murah, namun rasanya luar biasa. kami semua senang dengan lauk ini, karena diolah dalam bentuk apapun, tempe selalu enak.

dulu, semasa kecil saya paling senang dengan tempe goreng (tanpa campuran apa-apa). kalau sudah makan tempe goreng, penganan lain lewat. belakangan mbah saya di nganjuk sana, membuat varian lain dinamakan ‘jangan tempe’. ini semacam sayur tempe bersantan yang diberi rajangan cabe rawit jawa. rasanya selangit.

saat besar, pengalaman kuliner saya makin bertambah dengan ragam jenis penganan tempe lainnya, seperti tempe goreng tepung, keripik tempe, tempe bacem, hingga orek tempe yang saya kenal di warteg.

beragam jenis olahan tempe, menunjukkan betapa popularnya tempe di negeri ini. tak pelak membuat negeri ini menyandang sebutan negeri tempe.

sejatinya, jika tergolong makanan rakyat banyak, mestinya harganya murah meriah. sebab tempe dikonsumsi mulai kalangan jelata seperti diriku hingga presiden.

namun apa yang terjadi belakangan ini menunjukkan sebaliknya. harga kedelai sebagai bahan baku tempe melonjak, kini mencapai 7.500 rupiah per kilo. semua produsen tempe menjerit karena tak kuat membeli kedelai lagi yang umumnya diimpor itu.

konsumen pun sempat tercengang manakala mendapati tempe raib dari pasar. ya, produsen tempe sempat mogok 3 hari beberapa saat lalu. mereka minta pemegang kebijakan negeri ini mengendalikan harga kedelai impor hingga tak meroket seperti sekarang. jika dibiarkan, entahlah apakah kita masih bisa makan tempe di kemudian hari.

ini adalah bencana pangan kesekian yang terjadi di negeri ini. penyebabnya, ladang kedelai yang makin menyempit sehingga kebutuhan kedelai nasional pun tak terpenuhi dari petani lokal.

mengimpor adalah solusi awal. namun jika harga meroket siapa yang kuat? puasa makan tempe mungkin bijak. tapi apa gantinya? sebab tempe selama ini kadung jadi komoditas lauk murah meriah. lha, kalau puasa makan tempe berarti alamat puasa makan seterusnya nih….