tak ada seremoni atau pesta menggenapi 11 tahun kehidupan rumah tangga kami yang jatuh 14 Desember silam. selain karena kami pada dasarnya tak suka pesta, bagi kami menapaki 11 tahun usia pernikahan yang lebih penting adalah mensyukuri nikmat Allah. karena telah memberi begitu banyak bagi kami, saya, istri dan anak-anak kesempatan hidup, merajut cinta, meraih mimpi dan mencari ridho Allah bersama-sama. 

semua memang sudah diatur sedemikian rupa oleh Allah. saat saya ajukan keinginan menikah, meski pada awalnya bapak agak keberatan, restu itu akhirnya diberikan. keberatan bapak bukan karena sosok, tapi lebih pada kemampuan saya menafkahi keluarga.

bapak khawatir dengan pekerjaan saya di sebuah agency yang belum mapan, saya akan kesulitan memanage keluarga.  waktu itu saya yakinkan ortu, selama kami berniat lillahi ta’ala, insya Allah rejeki akan datang dengan sendirinya.  

ternyata keyakinan kami dijawab semua oleh Allah. meski tak berlebih, rejeki setelah menikah ternyata alhamdulillah lancar. kami bisa memenuhi kebutuhan anak-anak, bisa membeli rumah meski rumah pertama (yang dulu) ukurannya minimalis alias sederhana bertipe 21. 

lalu apa mulus-mulus saja kehidupan kami? Tidak juga. sama dengan keluarga lain, kami juga banyak menghadapi cobaan, ujian dan kendala. sampai detik inipun saya terus belajar menjadi suami yang baik bagi istri tercinta. saya juga terus menyelami bagaimana berperan yang pas sebagai teman dan ayah anak-anak. dua hal ini tak akan pernah selesai dan tidak ada sekolahnya. sekolahnya adalah pengalaman hidup. 

11 tahun memang bukan waktu yang sedikit. tapi juga belum sebanding dengan pengalaman orang tua yang puluhan tahun. mohon do’a dan dukungannya semoga kami bisa terus bersama hingga akhir hayat. 

terima kasih ya Rabb

kau telah anugerahkan istri yang solehah

anak-anak yang manis dan berbakti 

terima kasih istriku

telah sudi menemani lelaki yang jauh dari sempurna ini 

terima kasih anak-anak

maafkan ayah yang belum bisa mewujudkan semua mimpi kalian

terima kasih atas pengertian kalian….