jangan sepelekan sakit kulit!

ini pelajaran berharga bagi siapapun, setelah melihat dan mencermati kasus yang menimpa dede (37 th), warga cililin bandung yang dijuluki manusia akar/ manusia pohon. karena kutil di kakinya pernah dipotong hingga menyebabkan infeksi, kini tubuh Dede penuh dengan kutil. bahkan kutil itu kini berkembang pesat laksana batang pohon yang mengakar. tangan dan kaki dede terlihat seperti ditumbuhi akar yang menjalar.

apakah ia tak berobat? sudah, tahun 96-an ia pernah berobat ke RSHS Bandung, tapi tak tuntas karena kabarnya tak ada dokter yang bisa mengobati penyakitnya.

ia hopeless dan memilih menyepi di rumah. apalagi setelah mengidap penyakit ini ia dijauhi orang. dipecat dari pekerjaan dan ditinggal pergi sang istri. duh!

sayangnya, ada saja orang yang memperalat orang yang kesusahan macam dede. ia pernah dipertunjukkan di taman mini sebagai satu dari orang aneh. belakangan sebuah event organizer mempertemukan dede dengan discovery channel yang langsung meliputnya. konon dc ‘membayar’ sejumlah uang dalam jumlah ‘jut-jut’ agar dede tak diambil pihak lain. alhasil, saat kawan kami mencoba meliputnya, ada pihak yang minta uang 10 juta baru bisa diliput. dasar!

kemarin, jum’at, dede akhirnya kembali dirawat dan ditangani tim medis rshs bandung. semoga kali ini kelainan yang dideritanya bisa disembuhkan, hingga ia tak harus menderita berkepanjangan. apalagi melihat usianya, dede masih ada dalam masa emas usia produktif. maju terus de, jangan menyerah oleh penyakit! allah pasti mendengar do’amu.